Monday, June 10, 2013

Sistem Informasi Manajemen



Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
Tujuan Umum
  1. Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya.
Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).
  • Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi, penjelasan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. Lapisan berikutnya terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi untuk membantu perencanaan taktis dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen.
  • Definisi  sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.
Proses Manajemen
  1. Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
  1. Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut pengendalian.
  1. Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternatif disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.
Bagian SIM
  1. Sistem Informasi Akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
  2. Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
  1. Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
  2. Sistem informasi personalia (personnel information systems).
  3. Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
  4. Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
  1. Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
  2. Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
  3. Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
  4. Sistem informasi analisis software
  5. Sistem informasi teknik (engineering information systems).


Kuliah II
Implementasi Sistem Informasi Manajemen
DATA VERSUS INFORMASI
-Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang relatif tidak berarti bagi pemakai, Sbg contoh, data dapat berupa jumlah jam kerja tiap pegawai dalam perusahaan. Saat data ini diproses, ia dapat diubah menjadi informasi.
-Informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti. Jika jam kerja tiap pegawai dikalikan dg upah/jam, hasilnya adalah pendapatan kotor. Jika angka-angka pendapatan kotor tiap pegawai dijumlahkan, penjumlahan tersebut adalah total biaya gaji bagi seluruh pegawai dlm perusahaan. Jumlah biaya gaji ini dapat menjadi informasi bagi pemilik perusahaan.
Contoh lain silahkan lihat di SIAM atau SIAKAD.
DATA VERSUS INFORMASI
         Perubahan data menjadi informasi dilakukan oleh pengolah informasi (information processor)
         Pengolah informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konseptual. Pengolah informasi dapat meliputi elemen-elemen komputer, elemen-elemen non-komputer, atau kombinasi keduanya.

ORGANISASI JASA INFORMASI
         Ada 5 golongan spesialis informasi:
            1. analis sistem (system analist)
            2. pengelola database (Database Administrator)
            3. spesialis jaringan (networking specialist)
            4. programmer
            5. operator

SPESIALIS INFORMASI
         Analis sistem bekerja sama dg pemakai mengembangkan sistem baru dan memperbaiki sistem yg ada.
         Pengelola Database bekerja sama dg pemakai dan analis sistem menciptakan database yg berisi data yg diperlukan untuk menghasilkan informasi bagi pemakai.
         Spesialis jaringan bekerja sama dg pemakai dan analis membentuk jaringan komunikasi datayg menyatukan berbagai sumber daya komputer yg tersebar.
         Programmer menggunakan dokumentasi yg disiapkan oleh analis sistem untuk kode instruksi-instruksi yg menyebabkan komputer mengubah data menjadi informasi yg diperlukan pemakai.
         Operator menangani peralatan komputer berskala besar seperti komputer mainframe dan komputer mini.operator memantau layar komputer, mengganti ukuran-ukuran kertas di printer, mengelola data ke konsumen, serta melakukan tugas-tugas operasional lainnya.

TAHAPAN UTAMA SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SYSTEM TERDIRI DARI:
a. Tahapan perencanaan (System Planning)
b. Analisis Sistem (System Analisis)
c. Desain Sistem (System Design)
d. Seleksi System (System Selection)
e. Implementasi System (System Implementation)
f. Perawatan System (Maintenance System)

PENGENALAN SISTEM INFORMASI
  1. Mengenali adanya elemen sistem pengolahan data à hardware / software / brainware / data / prosedur. Mengenali elemen pengolahan data melalui sarananya Mengenali elemen pengolahan data melalui contoh dokumen
2.      Melihat Interaksi antar manusianya dalam organisasi :
    1. Interaksi atasan menugasi bawahan
    2. Interaksi bawahan melapor ke atasan
    3. Interaksi anatar manusia dalam rapat
    4. Interaksi antar sistem pengolahan data
  1. Melihat aliran dokumennya à Flow of Dokumen (FOD)
  2. Melihat interaksi antara manusia dan media pelaksana sistem pengolahan datanya.
    1. Analisis tugas à misal : kemampuan menghitung manusia X kemampuan menghitung kalkulator
    2. Sintesis tugas à misal : interaksi kasir dengan cash register : pencarian nama barang dan harga satuan, hitung jumlah barang dikalikan harga satuan, hitung total pembelian, hitung kembalian jika sudah input nilai uang tunai, cetak bukti pembayaran
  3. Menganalisis dokumen job description.
Sistem Informasi Penyewaan Video

SISTEM INFORMASI HOTEL
         Elemen Sistem Pengolahan Data :
        Cash register di karis hotel dan kasir restoran
        Buku pencatatan check-in dan check-out tamu hotel
        Papan penggantung kunci kamar hotel
        Formulir isian laundry
         Interaksi antar manusia :
        Tamu melakukan check-in ke resepsionis
        Tamu melakukan check-out ke resepsionis
        Tamu menelepon pesanan makanan dan minuman ke restoran
         Aliran dokumen :
        Perjalanan formulir pesanan laundry dari kamar tamu melalui hause-keeping sampai ke meja resepsionis atau kasir hotel
         Interaksi manusia dengan sistem pengolahan data :
        Penulisan pencatatan check-in dan check-out tamu ke dalam buku tamu
        Kasir-cash register
        Pengisian formulir laundry oleh tamu atau petugas house –keeping
        Pengisian laporan alokasi kamar tamu (status hunian) berdasarkan status kunci pada papan penggantungnya
         Job Description / struktur organisasi :
        Dokumen / diagram prosedur check-in dan check-out
        Struktur organisasi hotel
SISTEM INFORMASI APOTIK
         Elemen Sistem Pengolahan Data :
        Cash register di kasir
        Buku pencatatan resep dokter yang dilayani
         Interaksi antar manusia :
        Pemberitahuan kepada apoteker adanya resep dokter yang perlu diverifikasi
         Aliran dokumen :
        Perjalanan resep dokter dari pembeli ke petugas kasir ke apoteker sampai pemberian obat
         Interaksi manusia dengan sistem pengolahan data :
        Penulisan pencatatan resep ke dalam buku transaksi harian
        Kasir-cash register
        Pembaharuan catatan stok obat, karena adanya transaksi pembelian obat
         Job Description / struktur organisasi :
        Dokumen / diagram prosedur penjualan obat dengan resep
        Dokumen / diagram prosedur penjualan obat bebas
        Dokumen / diagram prosedur pengelolaan persediaan obat
        Struktur organisasi apotik
Contoh :
Sistem Informasi di Apotik
Hasil survey :
1. Data                                    : - catatan persediaan obat
                                       - daftar nama dan harga obat
                                       - klasifikasi jenis obat
2. Informasi                 : - laporan persediaan obat/bulanan
                                      - laporan penjualan obat/mingguan
                                      - laporan pembelian obat/bulanan
3. Pengetahuan            :  - prosedur mengelola persediaan obat
                                       - tata cara pemnjualan obat bebas
                                       - prosedur penjualan obat dengan resep

SISTEM INFORMASI  YANG TELAH DIBUAT DAN DIKEMBANGKAN DI UNIVERSITAS JEMBER