Monday, June 10, 2013

Dinas Pengairan Bondowoso



Dinas Pengairan Bondowoso
website Dinas Pengairan Kabupaten Bondowoso yaitu:
Dalam alamat website tersebut terdiri dari 9 menu bar yang terdiri dari menu blog, profil, forums, sekretariat dan bidang, links, photos, guestbook, calendar, dan members. Berikut tampilan awal dari website dinas pengairan:

Pada gambar sebelumnya tampak bahwa website tersebut menampilkan sebuah puisi berjudul Surat dari Air. Puisi tersebut memiliki makna tentang alur perjalanan air dan himbauan agar menggunakan dan memanfaatkan air dengan sebaik-baiknya. Website tersebut dibuat pada tahun 2009 dan belum diperbaharui hingga saat ini.

1.        Menu Blog
Pada tampilan diatas tampak bahwa menu Blog tersebut berbeda jauh dengan tampilan pembuka website yang terkesan lebih menarik. Di dalam menu blog ini penjelasan tentang dinas pengairan kurang lengkap senhingga masyarakat kurang mengerti isi atau maksud terkandung pada menu Blog ini.

2.        Menu Profil
Menu profil merupakan menu yang berisikan informasi tentang profil dari dinas Pengairan Kabupaten Bondowoso.

Pada tampilan tersebut dapat dilihat bahwa Website Dinas Pengairan Kabupaten Bondowoso tidak menjelaskan mengenai profil sejarah awal berdirinya dinas tersebut, tidak menjabarkan tupoksi secara rinci, dan tidak menampilkan informasi terbaru dari dinas tersebut.

3.        Forums
Menu forums pada sebuah website selayaknya berisi informasi mengenai diskusi anggota forum. Tetapi dilihat dari tampilan menu website ini, desain halaman terkesan kurang menarik karena hanya berlatar warna putih, berbeda dengan tampilan awal menu website tersebut. Di dalam menu forum ini terdapat 3 sub menu, yaitu General Discussions, pengelolaan irigasi, dan bisnis. Kami akan menjabarkan kekurangan ketiga sub menu tersebut.

Dilihat dari sub menu General Discussions ini, tampak tidak ada satu pun diskusi yang terpapar disana. Sehingga timbul ketidakjelasan maksud dan tujuan dari sub menu general discussions.


Pada sub menu ini tertulis “Forum ini untuk mngetahui seberapa besar perhatian kita terhadap pengelolaan Irigasi Khususnya di Kabupaten Bondowoso”. Namun seperti yang kita lihat, isinya kosong sehingga tidak dapat menggambarkan apapun.



Pada sub menu ini tertulis “Forum untuk bertukar fikiran untuk menjalankan atau masih mencari bisnis apa yang cocok untuk para anggota forum ini” namun isinya pun kosong. Tampak bahwa Dinas Pengairan tidak meng-update informasi terbaru pada sub menu ini.

4.        Sekretariat dan Bidang
Pada menu sekretariat dan bidang hanya menyebut nama – nama bidang kesekretariatan tanpa pendeskripsian yang lengkap maupun link untuk menuju deskripsi bidang tersebut lebih lanjut.


5.        Links

Menu links pada website Dinas Pengairan Bondowoso menyambungkan web ini dengan beberapa alamat website pemerintahan, bisnis, dan lainnya. Tetapi dapat dilihat bahwa desainnya kurang menarik dan terkesan kaku.

6.        Photos

Pada menu Photos dapat kita lihat bahwa Dinas Pengairan Bondowoso hanya menampilkan 1 album foto yang hanya berisi 1 foto yang di upload pada tahun 2009. Foto tersebut merupakan halaman domisili Dinas Pengairan Bondowoso. Namun kegiatan – kegiatan yang dilakukan Dinas Pengairan Bondowoso tidak terekspos satu pun.

7.        Guest Book


Pada menu Guest Book ini dapat kita lihat bahwa terdapat seorang guest user yang meminta data – data dari waduk Sampean Baru pada tanggal 10 Januari tahun 2013. Namun pertanyaan tersebut tidak mendapat tanggapan oleh pengelola Dinas Pengairan Bondowoso. Hal ini menunjukkan intensitas pengelolaan website yang sangat kurang.

8.        Calendar

Pada menu Calendar tampak desain yang kaku dan terkesan monoton. Penanggalan menunjukkan bulai Mei tahun 2013 ini tidak diisi kegiatan apapun.
9.        Member
Menu ini menunjukkan member dari website ini hanya ada 2 anggota, yaitu Site Owner dan satu member bernama Samsul. Namun tidak terdapat penjelasan apapun dan tidak tampak foto profil kedua anggota tersebut.